""

Kamis, 04 Juni 2020

SAGUSABLOG LANJUTAN-41

Workshop SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) adalah salah satu program IGI (Ikatan Guru Indonesia) guna meningkatkan kemampuan para guru dalam bidang IT. Kegiatan ini diselenggarakan secara gratis oleh mrmung sebagai invator.
Guru Belajar Ngeblog Lewat IGI











Sagusablog lanjutan ini merupakan kelanjutan dari diklat online sagusablog dasar yang telah diikuti oleh penulis. Peserta sagusablog lanjutan adalah peserta yang telah dinyatakan lulus oleh pembimbing pada kegiatan sagusablog dasar. Kegiatan sagusablog lanjutan ini dimulai dari tanggal 2 Juni 2020 pukul 00.01 WIB dan berakhir tanggal 8 Juni 2020 pukul 24.00 WIB.

Workshop ini menggunakan media aplikasi telegram sebagaimana kegiatan yang lalu. Kali ini penulis tergabung di kelas 41-D dan dibimbing oleh Ibu Andi Seviana, S.Pd.,Gr dan Ibu Pri Hastuti Suyaningrum, M.Pd  Dalam pengerjaan modul tidak jarang juga sesama peserta saling berbagi ilmu dan saling membantu, sehingga suasana keakraban sangat terasa diantara sesama peserta diklat.
Pada diklat sagusablog lanjutan ini para peserta diharuskan menyelesaikan 8 modul, yaitu :
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti templete pihak ketiga
  3. Desain Header dengan adobe photoshop
  4. Mengelola menu dan submenu, mengatur slide gambar
  5. Membuat soal online di google drive
  6. Custom domain premium gratis
  7. Monetize blog, dan
  8. SEO (Search Enggine Optimization)
Diklat kali ini menurut penulis lebih menantang, karena kita dihadapkan dengan bahasa pemrograman HTML yang lumayan rumit bagi pemula. Di HTML inilah kita bermain untuk membuat penambahan menu dan pemberharuan postingan dalam blog. Namun dengan bimbingan para mentor dan rekan rekan dalam kelas, akhirnya blog ini terselesaikan juga.
Yang terpenting adalah kemauan dan kesabaran kita, Insya alloh kita berhasil..
Terakhir, penulis ucapkan terima kasih kepada mrmung selaku pencetus dari kegiatan ini, para pembimbing yang sudah memberikan waktunya serta penuh kesabaran dalam membimbing penulis serta rekan rekan semua dalam kelas 41-D yang juga sudah berbagi ilmu kepada penulis. dibawah ini akan saya tampilkan salah satu tayangan panduan dalam kegiatan Sagusablog Lanjutan 

0 komentar:

Posting Komentar